Tips Merawat Mobil Klasik agar Tetap Prima

Advertisements

Mempunyai sebuah mobil klasik merupakan salah satu hobi yang membutuhkan dana ekstra dalam hal perawatannya. Sangat penting bagi pemilik mobil klasik untuk mengetahui tips merawat mobil klasik. Tujuannya adalah agar mobil antik yang dimiliki bisa tetap digunakan tanpa ada kendala. Misalnya saja mobil tidak bisa dihidupkan atau mengalami mogok saat digunakan.

Jika terjadi kesalahan dalam merawat mobil antik sedikit saja bisa berakibat fatal. Selain itu, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk bisa memperbaiki sebuah mobil klasik agar bisa digunakan kembali. Supaya terhindar dari hal tersebut, simak tips perawatan mobil klasik berikut ini.

1. Jangka Waktu Perawatan

Mesin merupakan kunci utama untuk bisa menikmati mobil klasik. Dibutuhkan perawatan dan servis yang lebih sering jika dibandingkan dengan mobil baru. Perhatikan jangka waktu servis mobil klasik dengan seksama agar tetap bisa digunakan dengan nyaman.

2. Karburator

Sebuah karburator adalah jantungnya mobil. Lakukan pengecekan dan perawatan karburator secara berkala. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keawetan mobil klasik. Jika terdapat kendala, segera lakukan penggantian agar permasalahan tidak menjalar ke mesin yang lain.

 3. Air Radiator

Hal yang harus selalu diingat bagi pemilik mobil klasik adalah tidak boleh lupa dalam mengecek air radiator secara berkala. Adanya sistem radiator yang berbeda dengan mobil baru membuat mobil klasik harus lebih sering diperhatikan. Selain itu, air radiator juga harus dijaga kualitasnya.

 4. Kabel Penghantar Listrik

Seiring berjalannya waktu, kondisi kabel penghantar listrik bisa menjadi tidak maksimal. Hal ini bisa berakibat pada mesin mobil yang tidak mau menyala. Perhatikan apakah kabel penghantar  listrik tersebut ada yang terkelupas atau tidak. Jika tidak segera diperbaiki atau bahkan dilakukan penggantian, maka mobil klasik yang Anda miliki bisa mengalami kesulitan saat akan menghidupkan mesin.

5. Cek Oli Mesin

Selain air radiator, oli mesin pada mobil klasik juga harus diperhatikan. Pilihlah oli mesin berkualitas yang cocok digunakan pada sebuah mobil klasik. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya masalah yang timbul pada mobil klasik tersebut.

6. Cek Kondisi Rem

Rem yang bisa berfungsi dengan baik merupakan poin penting saat berkendara di jalan. Baik itu mobil baru atau mobil klasik, butuh sebuah rem yang bisa menghentikan laju mobil saat diperlukan.

 

Penting sekali bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui hal yang harus diperhatikan saat merawat mobil klasik. Lakukan servis rutin secara berkala dan melakukan penggantian spare part yang sudah waktunya untuk diganti bisa memperpanjang usia pemakaian mobil klasik itu sendiri.